Tanggapan Wako Dumai Pada Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Dan Ranperda serta Tanggung Jawab Pelaksanaan APBD Kota Dumai Tahun Anggaran 2023

0
8

DUMAI TINTARIAU.COM Sabtu, 15 Juni 2024 – Wali Kota Dumai H.Paisal.SKM.,MARS. Pada hari ini Dewan Yang Terhormat melalui fraksi-fraksinya telah menyampaikan pandangan umum terkait penjelasan Wali Kota atas Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Dumai Tahun Anggaran 2023. Jawaban atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD tersebut kami tuangkan dalam naskah yang akan kami bacakan berikut ini dengan narasi yang ringkas dan insyallah kami berharap dapat memenuhi ekspektasi segenap Fraksi-Fraksi yang ada.

Tampak hadir dalam ruang sidang paripurna DPRD Kota Dumai Diantaranya Ketua DPRD Kota Dumai, Wakil Ketua, Ketua Fraksi, dan Anggota DPRD Kota Dumai, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Dumai, Para Asisten serta Para Pejabat Struktural dilingkup Pemerintah Kota Dumai, Komisioner KPU, Ketua Partai Politik, Ketua MKA LAMR, LKKMD,Insan PERS Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Tokoh Pemuda.

Secara kolektif kami mengucapkan terima kasih, memberikan apresiasi yang tinggi serta sependapat dengan seluruh Fraksi berkenaan dengan saran dan masukan terkait penyusunan Ranperda Pertanggungjawaban APBD Kota Dumai Tahun 2023; terkait peningkatan pendapatan daerah; serta apresiasi Anggota terhadap keberhasilan kita mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan 7 kali berturut-turut.

FRAKSI DEMOKRAT,Untuk Pendapatan Asli Daerah kami pun sependapat agar sektor-sektor tertentu dapat digenjot semaksimal mungkin supaya Pendapatan Daerah dapat meningkat tiap tahunnya. Selanjutnya kami akan berupaya agar anggaran yang didapat kedepannya terealisasi secara maksimal terutama terhadap program-program prioritas yang vital bagi kepentingan langsung Masyarakat kota Dumai.

Selanjutnya kami juga sependapat bahwa kita semua berharap transparansi dan akuntabilitas kinerja keuangan daerah yang tercermin dalam Ranperda ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan Masyarakat dalam lingkup Pemerintah Daerah.

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA, Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Fraksi PKS atas Pembangunan Dumai Islamic Center baik pembangunan fisik maupun pembinaan nilai-nilai keagamaan sehingga mampu mempertegas citra Kota Dumai dan menjadi ICON baru di Kota Dumai bahkan Provinsi Riau dan atas upaya Pemerintah Kota Dumai memfungsikan pasar kelakap tujuh, pemindahan pasar kuliner jaya mukti, serta memperbaiki infrastruktur lainnya.

Pemerintah Kota Dumai akan berupaya semaksimal mungkin meningkatkan realisasi Pendapatan mencapai 100% dengan cara mengoptimalkan sektor Pendapatan Asli Daerah dan pendapatan lainnya.

Selanjutnya Pemerintah Kota Dumai sependapat dengan Fraksi PKS bahwa dalam melaksanakan pembangunan perlu memperhatikan aspek lingkungan dan pembangunan yang berdampak bagi kesejahteraan Masyarakat. Dan ini sesuai dengan salah satu Khidmat yang ada, yakni Khidmat Kebersihan. Kita ingin kelurahan menjadi ujung tombak Pembangunan berwawasan lingkungan ini.

FRAKSI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN, Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi saran dari Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan untuk senantiasa meningkatkan kinerja sekaligus mengevaluasi berbagai hal yang dinilai masih kurang. Pemerintah Kota Dumai akan terus mengupayakan untuk menciptakan suasana tertib yang aman dan kondusif bagi dunia usaha dan pedagang di Kota Dumai. Disamping itu, Pemerintah juga menjamin ketersediaan  lapangan kerja bagi anak-anak Dumai, serta pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik lagi.

Dengan dukungan Dewan Yang Terhormat, pemerintah akan terus fokus dalam mengoptimalkan potensi sumber pendapatan. Kami akan terus menekankan kepada OPD terkait untuk terus berinovasi menggali potensi yang ada , termasuk mengintensifkan sosialisasi terhadap wajib pajak serta pemutakhiran data, dan peningkatan pembangunan infrastruktur di lingkungan pemukiman masyarakat.

FRAKSI NASDEM , Terima kasih kepada anggota DPRD Fraksi Nasdem yang telah mengapresiasi capaian-apaian pemerintah. Selanjutnya sesuai dengan harapan Fraksi Nasdem Pemerintah Kota Dumai untuk kedepannya akan berupaya lebih mengoptimalkan kembali penggunaan belanja daerah dengan memperhatikan kualitas output yang akan memberikan outcome (hasil) yang baik sehingga belanja daerah akan lebih efektif.

Sejalan dengan masukan dari Fraksi Nasdem, kamipun sangat sependapat terkait pentingnya perencanaan dan penggunaan anggaran yang fokus pada kegiatan yang memberikan manfaat nyata bagi Masyarakat serta pelaksanaan program dan kegiatan yang terstruktur sehingga capaian realisasi anggaran diharapkan dapat terserap secara maksimal.

FRAKSI PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN, Pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih atas dorongan dan applause dari Fraksi PPP terhadap sektor-sektor yang pencapaiannya menggemberikan. Adapun terkait BUMD yang belum optimal meraup PAD, dapat kami sampaikan secara umum bahwa PT. Pembangunan Dumai memang memerlukan langkah perbaikan segera agar BUMD ini ikut serta memberikan sumbangan pendapatan daerah.

Bersama-sama dengan DPRD, pemerintah akan terus memonitor, mengawasi dan memperhatikan secara detail terkait Langkah-langkah bisnis perusahan berikut operasionalnya. Kami mohon dukungan dari Fraksi PPP dan segenap fraksi-fraksi yang ada agar BUMD PT. Pembangunan Dumai mampu bangkit.

Sedangkan terkait PDAM Tirta Dumai Bersemai, terjadi penurunan pendapatan pada tahun lalu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Setelah dilakukan Analisa, dan berdasarkan Laporan Auditor Independen, terdapat beberapa hal terkait meningkatnya Beban Pokok yang harus segera kita carikan solusinya. Hal tersebut meliputi tidak tercapainya target penjualan air bersih ke pelanggan Perusahaan, komitmen pelanggan industry yang masih lemah terhadap perjanjian kerja sama, terdapat beberapa kali perbaikan Jaringan Distribusi Utama dan Jaringan Distribusi Bantu, adanya Biaya Instalasi Transmisi dan Distribusi serta biaya Instalasi Sumber Air Baku.

Kesemua hambatan ini memang harus segera kita carikan solusinya dengan duduk Bersama seluruh pemangku kepentingan air bersih kita, agar PDAM ini dapat kembali menjadi sumber pendapatan daerah yang signifikan.

Mengenai Rasio Kemandirian Daerah, pada satu sisi dana-dana yang dari pusat memang sudah menjadi hak kita di daerah. Sungguhpun demikian, Pemerintah akan terus berupaya untuk mampu self-sustainability dibidang anggaran. Salah satunya tentu menekankan prioritas anggaran, perhitungan yang matang, pembelanjaan yang sesuai kemampuan, tepat sasaran, memperhatikan urgensinya sambil terus meningkatakan sumber-sumber pendapatan daerah. PAD sebagai symbol dari kemandirian daerah, sedang kita usahakan agar dapat masuk dari OPD-OPD yang masih belum berkontribusi maksimal.

FRAKSI PARTAI GOLKAR, Sejalan dengan penekanan yang dibuat oleh Fraksi Partai Golkar terkait penyertaan modal pada BUMD kami akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja BUMD-BUMD sehingga mampu memberikan kontribusi bagi PAD dan bukan menjadi beban APBD.

Pada Bidang Pendidikan, pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana sekolah di daerah jauh dari kota telah menjadi perhatian Pemerintah. Untuk pembangunan sekolah baru masih terkendala pada lahan yang memadai dan kebutuhan penduduk di lokasi tersebut terhadap jenjang sekolah yang akan dibangun. Kendala ini akan terus kami carikan solusinya tentunya dengan dukungan Dewan yang Terhormat.

Pemerintah selalu mengupayakan pemerataan capaian-capaian pendidikan untuk tiap sekolah secara berimbang, proporsional dan berkelanjutan. Tidak ada perlakuan yang lebih diistimewakan pada sekolah tertentu, dengan demikian diharapkan seluruh sekolah pada seluruh jenjang pendidikan dapat menghasilkan dan membentuk karakter siswa yang beradab sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Terkait PPDB, Peraturan Kemendikbudristek, melarang dilakukannya pungutan kepada peserta didik atau wali murid oleh satuan pendidikan di lingkungan Pemerintah Daerah. Tentu kita akan tunduk atas aturan dimaksud.

Adapun mengenai KRIS, pada prinsipnya RSUD Kota Dumai sudah siap melaksanakan program dimaksud dengan potensi adanya jumlah ward yang berkurang. Sungguhpun demikian, saat ini turunan dari Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2024 tersebut belum terbit, sehingga konsep definitif KELAS RAWAT INAP STANDAR antara regulasi Kemenkes dan BPJS Kesehatan ada perbedaan.

Mengingat hal tersebut, yang kami lakukan adalah menganalisa situasi konsep KRIS yang pernah disampaikan Kementerian Kesehatan dengan keadaan existing RSUD Kota Dumai saat ini.

FRAKSI PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN), Pemerintah Kota Dumai mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Fraksi Partai Amanat Nasional. Terkait permasalahan banjir, memang mau tidak mau, Analisa yang detail dan mendalam menyangkut penyebab banjir, penanganan, dan pencegahan adalah titik fokus kedepan.

Hal inipun termasuk isu-isu global yang ada saat ini dan mempengaruhi konsep-konsep Planologi kota kita yang existing dan sedia ada. Sambil menentukan langkah konkrit analisis terpau tersebut, pemerintah akan terus mengaplikasikan konsep yang sudah ada dan diharapkan setidaknya dapat mencegah persoalan bajir.

Pembangunan infratruktur banjir, normalisasi dan sebagainya itu, kini kami integrasikan dengan Program kebijakan Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi. Melalui pendampingan intens oleh Fitra Riau dan Pilar Nusantara serta program yang didukung kerja sama dengan Ford Foundation dan Kementerian Dalam Negeri kita ingin memperkuat Khidmat Persampahan yang ada sehingga persoalan sampah dapat terasi segera. Sampah salah satu penyebab banjir, mudah-mudahan, jika program ini terus kita terapkan, bajir insya Allah akan semakin berkurang.

FRAKSI GERAKAN INDONESIA RAYA, Pemerintah Kota Dumai akan terus membahas langkah-langkah penting dalam merencanakan Pendapatan Asli Daerah termasuk rencana menaikkan PAD secara kolektif di masing-masing OPD. Pemerintah mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Fraksi Gerakan Indonesia Raya terhadap penggunaan anggaran belanja daerah yang sudah maksimal pencapaiannya baik belanja operasi, belanja modal, belanja tidak terduga dan pembiayaan.

Kami berharap dukungan kepada Pemeritah Kota Dumai dalam berkhidmat yang terbaik bagi masyarakat. Sungguh, sinergitas yang tiada putus ini adalah kekuatan massive dalam mencapai Kota Idaman. Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Dumai, Ketua dan Anggota Fraksi, Ncik-ncik, Tuan-Tuan dan Puan-puan serta Hadirin yang Saya Muliakan;

Mengakhiri Jawaban/Tanggapan ini perkenankanlah sekali lagi kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya disertai iringan ucapan terima kasih atas kerjasama yang telah ditunjukkan dan dibuktikan selama ini. Mudah-mudahan Ranperda yang secara maraton kita laksanakan pembahasannya pada akhirnya nanti dapat di-sah-kan menjadi Peraturan Daerah sehingga siklus APBD kita berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah digariskan tutup walikota Dumai H.Paisal.SKM., MARS.

 ( Redaksi TR/Sri.N )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini