Sambutan Walikota Dumai Dalam Rancangan Perda Dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Dumai Thn Anggaran 2023

0
9

DUMAI TINTARIAU.COM Kamis , 13 Juni 2024 – Walikota Dumai dalam sambutan mengucapkan yang dihormati dan yang kami muliakan: Saudara ketua dprd kota dumai, para wakil ketua, ketua fraksi, ketua komisi dan anggota dprd kota dumai, rekan-rekan anggota forum koordinasi pimpinan daerah kota dumai; Inspektur, asisten dan staff ahli beserta seluruh pimpinan opd di lingkungan pemko dumai; Ketua lkkmd, ketua lamr kota dumai, ketua kpud, direktur bumd; Encik-encik, tuan-tuan dan puan-puan para jemputan yang berbahagia.( Selasa, 11/06/2024 )

Melalui kerja dumai berkhidmat, Pembangunan kota semakin terasa, Rancangan perda dibahas cepat, agar terwujud pembangunan segera. Alhamdulillah. la hawla wala kuwwata illa billah. allahumma sholli’ala sayyidina muhammad habibillah. wa’ala alihi washohbihi waman walah. Dapat kami sampaikan kembali bahwa badan pemeriksa keuangan perwakilan prov. riau telah melakukan audit terhadap laporan keuangan pemerintah daerah kota dumai tahun anggaran 2023 melalui pemeriksaan interim serta pemeriksaan substantif dan terinci beberapa waktu yang lalu.

Kita ketahui bersama bahwa pemeriksaan tahun ini terasa berbeda karena memang pada saat yang bersamaan kita juga harus fokus sebagai tuan rumah mtq tingkat provinsi riau ke-42. dengan waktu pemeriksaan sekaligus tanggapan yang semakin singkat, alhamdulillah kota dumai berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian.

ini merupakan wtp yang ketujuh kalinya diterima oleh pemerintah secara berturut-turut.  hal ini tentu tidak terlepas dari andil dprd kota dumai yang terus melaksanakan fungsi pengawasannya. untuk itulah, kami mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya.

Laporan hasil pemeriksaan BPK RI mengamanahkan sejumlah rekomendasi. alhamdulillah, beberapa diantaranya telah selesai kami tindak lanjuti dan ada beberapa sedang on progres. Selanjutnya, perkenankanlah kami menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan apbd tahun anggaran 2023, yang nantinya sebagai syarat untuk menyampaikan APBD perubahan di tahun anggaran 2024.

Masih Menurut Walikota Dumai H.Paisal.SKM., MARS,”Rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2023 berisikan realisasi pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah Kota Dumai dengan rincian diantaranya: Pendapatan daerah adalah pendapatan yang terdiri dari pendapatan asli daerah, pendapatan transfer, dan lain-lain pendapatan yang sah. Realisasi pendapatan daerah adalah senilai Rp. 1,91 triliun lebih atau sebesar 97,24% dari anggaran senilai rp. 1,96 triliun lebih.

Pendapatan asli daerah: adalah  pendapatan yang  terdiri dari hasil pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. realisasi  pendapatan  asli daerah adalah senilai Rp. 566 miliar lebih atau sebesar 96,56% dari anggaran senilai Rp. 587 miliar lebih. Pendapatan  transfer: terdiri dari  transfer pemerintah pusat (dana perimbangan), transfer pemerintah pusat lainnya, transfer pemerintah provinsi dan bantuan keuangan provinsi. realisasi pendapatan transfer adalah senilai Rp. 1,34 triliun lebih atau sebesar 97,53% dari anggaran senilai Rp. 1,37 triliun lebih.

 Lain-lain pendapatan yang sah: terdiri dari pendapatan lainnya berupa pendapatan hibah, dana darurat, dan lain-lain pendapatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. realisasi lain-lain pendapatan yang sah adalah senilai Rp. 0,00 atau sebesar 0,00% dari anggaran senilai Rp. 0,00.

Walikota Dumai H.Paisal.SKM., MARS, Menjelaskan tentang belanja Daerah,”Belanja daerah adalah belanja yang terdiri dari belanja operasi, belanja modal dan belanja tidak terduga. realisasi  belanja daerah adalah senilai rp. 1,94 triliun lebih atau sebesar 96,07% dari anggaran senilai Rp. 2,02 triliun lebih, Realisasi belanja daerah adalah sebagai berikut:

 Belanja  operasi: adalah  belanja  daerah yang  terdiri dari belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja subsidi, belanja bunga, belanja hibah, dan belanja bantuan sosial. realisasi belanja operasi senilai Rp. 1,45 triliun lebih atau sebesar 96,15% dari anggaran senilai rp. 1,51 triliun lebih. Belanja modal. adalah belanja daerah yang terdiri dari belanja modal tanah, peralatan dan mesin, gedung dan bangunan, jalan, irigasi dan jaringan, dan aset tetap lainnya. realisasi belanja modal senilai Rp. 494 miliar lebih atau sebesar 95,83% dari anggaran senilai Rp. 515 miliar lebih.

Belanja  tidak terduga: realisasi  belanja  tidak terduga adalah senilai Rp. 102 juta lebih atau sebesar 77,33% dari anggaran senilai rp. 132 juta lebih. Pembiayaan: terdiri dari penerimaan pembiayaan dan pengeluaran pembiayaan. realisasi pembiayaan adalah senilai Rp. 62 miliar lebih atau 100% dari anggaran senilai Rp. 62 miliar lebih. Neraca menggambarkan posisi keuangan suatu entitas pelaporan mengenai aset, kewajiban dan ekuitas pada tanggal tertentu. neraca pemerintah kota dumai per 31 Desember 2023 dapat kami sampaikan, Jumlah aset senilai Rp. 3,4 triliun lebih, dengan rincian;

Jumlah kewajiban senilai Rp. 80 miliar lebih yang merupakan kewajiban jangka pendek senilai Rp. 80 miliar lebih dan kewajiban jangka panjang senilai Rp. 0,00. Jumlah ekuitas senilai Rp. 3,32 triliun lebih. sedangkan ekuitas pada tahun 2022 senilai Rp. 2,98 triliun lebih atau mengalami kenaikan sebesar 11,32%. Adapun laporan operasional menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. laporan operasional tahun anggaran 2023 pada Pemerintah Kota Dumai.

Masih Walikota Dumai H.Paisal.SKM., MARS,”Selanjutnya, laporan arus kas menyajikan informasi kas sehubungan dengan aktifitas operasi, investasi, pendanaan dan transitoris yang menggambarkan saldo awal, penerimaan, pengeluaran dan saldo akhir kas pemerintah daerah selama periode tertentu. laporan arus kas tahun anggaran 2023.

Laporan perubahan ekuitas menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. laporan perubahan ekuitas tahun anggaran 2023. Masih Menurut Walikota Dumai H.Paisal.SKM., MARS,”Bahwa penjelasan dari pos-pos laporan keuangan yang terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas secara rinci dapat dilihat pada catatan atas laporan keuangan pemerintah kota dumai yang merupakan lampiran ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan apbd kota dumai tahun anggaran 2023 ini.

Walikota Dumai H.Paisal.SKM., MARS, Mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPRD Kota Dumai dan fraksi-fraksi khususnya. kami berharap kerjasama ini dapat terus terbina dan ditingkatkan di masa – masa yang akan datang, ditandai dengan lancarnya proses pengesahan ranperda ini menjadi perda tanpa ada kendala berarti Ucap Walikota dalam penutupan pidatonya.

( Redaksi TR / Sri.N )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini