Sambutan PS DPRD Kota Dumai , Pada Rapat Paripurna Dalam Rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kota Dumai Masa Jabatan 2024 – 2029

0
11

DUMAI TINTARIAU.COM , Rabu, 04 September 2024 – Sambutan Pimpinan Sementara DPRD Kota Dumai di awali dengan mengucapkan Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh. selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua. ( Selasa, 03/09/2024)

Yang terhormat Pj Gubernur Riau diwakili kepala biro pemerintah dan otonomi daerah Dr.Jhon Armedi Pinem,ST,MT.yang terhormat sdr Ketua DPRD Prov.Riau ,yang terhormat sdr Anggota DPRD Prov.Riau dapil 1, yang terhormat sdr Walikota Dumai beserta istri , yang terhormat rekan-rekan anggota dprd kota dumai masa jabatan 2019-2024 beserta istri/suami dan yang terhormat rekan – rekan anggota dprd kota dumai terpilih masa jabatan 2024-2029 beserta istri/suami.

Yang terhormat sdr Setda beserta istri ,yang terhormat ketua pengadilan negeri kota dumai bapak Efendi,SH beserta istri, yang terhormat saudara forkopimda kota dumai, yang terhormat Danlanal Dumai beserta istri, Dandim 0320 beserta istri, Dansatradar 232 dumai beserta istri, Kapolres dumai beserta istri, Kepala kejaksaan negeri kota dumai beserta istri, Ketua pengadilan agama kota dumai beserta istri, Dan Arhanud rudal 004. beserta istri, Dan sub den pom ad beserta istri, Danki pan a. beserta istri.

Selanjutnya yang terhormat saudara Pj.Walikota Pekanbaru, sdr Ketua dprd kota pekanbaru, wakil ketua dprd kota pekanbaru, sdr ketua dprd kabupaten bengkalis, sdr ketua dprd kabupaten rokan hilir, sdr ketua sementara dprd kabupaten kampar, sdrketua dprd kabupaten siak, sdr ketua dprd kabupaten pelalawan, sdr sekretaris dprd kabupaten/kota se propinsi riau, sdr ketua dprd kabupaten tanah datar.

Yang terhormat mantan wali kota dumai dan wakil wali kota dumai beserta istri, sdr pimpinan dprd kota dumai masa jabatan 2014-2019, pimpinan dprd kota dumai masa jabatan 2019-2024, ketua dan anggota kpu kota dumai, sdr ketua  dan  anggota  banwaslu kota dumai, sdr pimpinan partai politik, sdr camat, lurah se kota dumai,

Ketua lembaga adat melayu kota dumai, komite rakyat melayu bersatu kota dumai, perguruan tinggi se kota dumai, ketua tim penggerak pkk kota dumai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi-organisasi se kota dumai. Yang terhormat rekan – rekan dari insan pers, bumn, bumd, swasta se kota dumai dan undangan yang kami muliakan.

Pada kesempatan ini kami mewakili saudara-saudara anggota dprd kota dumai masa jabatan 2024-2029 yang baru selesai mengucapkan sumpah/janji, menyampaikan ucapan terima kasih kepada:semua yang hadir dan mengikuti selama proses pengucapan sumpah janji

Proses pengucapan sumpah/janji baru saja dilaksanakan kepada kami sebanyak 35 (tiga puluh lima) orang dihadapan para hadirin semua, sebagai awal pertanda telah dimulainya kami melaksanakan tugas  untuk mengemban amanah dan tugas yang diberikan oleh masyarakat kota dumai sebagai anggota dprd kota dumai masa jabatan 2024-2029.

Bila kita memahami tugas pokok dan fungsi serta kewenangan dimiliki oleh dprd, dipahami bahwa betapa beratnya amanah yang dipikul dipundak kami sebagai wakil rakyat, kami juga menyadari bahwa amanah yang diberikan merupakan tanggung jawab besar kepada kami.

DPRD Kota Dumai merupakan lembaga perwakilan rakyat berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar, terutama menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintah daerah, pemerintah daerah dan dprd kota dumai bersifat koordinatif, konsultatif atau kerjasama.

Masing-masing institusi berada dijalur tugas dan wewenang yang tidak dapat diintervensi. dalam memaksimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan dprd, diharapkan hubungan kemitraan dengan pemerintah derah dapat berjalan dengan baik guna mendukung capaian visi dan misi kota dumai.

Bedasarkan pasal 165 undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah junto pasal 34 peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib dprd provinsi, kabupaten dan kota dijelaskan bahwa dalam hal pimpinan dprd kabupaten/kota belum terbentuk, dprd kabupaten/kota dipimpin oleh pimpinan sementara dprd kabupaten/kota pimpinan sementara dprd tersebut terdiri atas seorang ketua dan seorang wakil ketua yang berasal dari dua partai politik yang memperoleh kursi dan suara terbanyak pertama dan kedua di dprd kabupaten/kota.

Pimpinan sementara dprd bertugas, memimpin rapat dprd, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan dprd tentang tata tertib dprd dan memproses penetapan pimpinan dprd defenitif.

Bedasarkan ketentuan perundangan-undangan dan sesuai dengan amanah yang diberikan partai, maka sementara kami mewakili saudara anggota dewan untuk memimpin rapat dewan yang terhormat ini

Sebagai pimpinan sementara kami menyadari sepenuhnya, walaupun kita berasal dari latar belakang partai politik yang berbeda beda, serta perbedaan  disiplin ilmu, namun semua perbedaan yang kita miliki akan menjadi satu kesatuan yang kuat dan solid dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai anggota dprd.

Dengan telah dilaksanakan pengucapan sumpah janji maka selaku pimpinan sementara perlu secepatnya melaksanakan pembentukan fraksi-fraksi dprd, menyusun rancangan peraturan dprd tentang tata tertib dan penetapan pimpinan defenitif.

sebelum kami mengakhiri sambutan ini, kami atas nama pimpinan dprd sementara menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak ibu anggota dprd periode  2019 – 2024  yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara baik semoga ini juga menjadi motivasi bagi anggota dprd periode 2024 – 2029 yang hari ini telah selesai proses pengucapan sumpah janji.

 Dengan telah selesainya seluruh prosesi rangkaian agenda rapat paripurna, maka selesai sudah rapat paripurna dprd hari ini, sebelum rapat ini kami tutup  sekali lagi kami atas nama pimpinan sementara menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak pj.gubernur riau, saudara wali kota dumai  beserta jajaran, bapak-bapak, dan ibu-ibu seluruh undangan kami yang berkenan hadir  mengikuti acara pada hari ini.

Kami atas nama pimpinan sementara dan anggota dprd yang baru dilantik, mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan dan terima kasih atas segala perhatiannya.

Akhrinya perkenankanlah kami menutup rapat paripurna  dewan ini, dan dengan mengucapkan “alhamdulillahhi rabbil’alamin”, rapat paripurna dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota dprd kota dumai masa jabatan 2024-2029 hari selasa 3 september 2024, secara resmi kami tutup ucap Agus Miswandi Pimpinan sementara DPRD Kota Dumai

( Redaksi TR/ Sri.N )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini