Pidato Pembukaan Ketua DPRD Kota Dumai Pada rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Kota Dumai masa jabatan 2024 – 2029

0
125

DUMAI TINTARIAU.COM , Rabu, 04 September 2024 – H.Supruanto.SH Ketua DPRD Kota Dumai di awali dengan mengucapkan Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh. selamat pagi dan salam sejahtera buat kita semua. ( Selasa, 03/09/2024)

Yang terhormat Pj Gubernur Riau diwakili kepala biro pemerintah dan otonomi daerah Dr.Jhon Armedi Pinem,ST,MT.yang terhormat sdr Ketua DPRD Prov.Riau ,yang terhormat sdr Anggota DPRD Prov.Riau dapil 1, yang terhormat sdr Walikota Dumai beserta istri , yang terhormat rekan-rekan anggota dprd kota dumai masa jabatan 2019-2024 beserta istri/suami dan yang terhormat rekan – rekan anggota dprd kota dumai terpilih masa jabatan 2024-2029 beserta istri/suami.

Yang terhormat sdr Setda beserta istri ,yang terhormat ketua pengadilan negeri kota dumai bapak Efendi,SH beserta istri, yang terhormat saudara forkopimda kota dumai, yang terhormat Danlanal Dumai beserta istri, Dandim 0320 beserta istri, Dansatradar 232 dumai beserta istri, Kapolres dumai beserta istri, Kepala kejaksaan negeri kota dumai beserta istri, Ketua pengadilan agama kota dumai beserta istri, Dan Arhanud rudal 004. beserta istri, Dan sub den pom ad beserta istri, Danki pan a. beserta istri.

Selanjutnya yang terhormat saudara Pj.Walikota Pekanbaru,sdr Ketua dprd kota pekanbaru, wakil ketua dprd kota pekanbaru, sdr ketua dprd kabupaten bengkalis, sdr ketua dprd kabupaten rokan hilir, sdr ketua sementara dprd kabupaten kampar, sdrketua dprd kabupaten siak, sdr ketua dprd kabupaten pelalawan, sdr sekretaris dprd kabupaten/kota se propinsi riau, sdr ketua dprd kabupaten tanah datar.

Yang terhormat mantan wali kota dumai dan wakil wali kota dumai beserta istri, sdr pimpinan dprd kota dumai masa jabatan 2014-2019, pimpinan dprd kota dumai masa jabatan 2019-2024, ketua dan anggota kpu kota dumai, sdr ketua  dan  anggota  banwaslu kota dumai, sdr pimpinan partai politik, sdr camat, lurah se kota dumai, ketua lembaga adat melayu kota dumai, komite rakyat melayu bersatu kota dumai, perguruan tinggi se kota dumai, ketua tim penggerak pkk kota dumai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, organisasi-organisasi se kota dumai. Yang terhormat rekan – rekan dari insan pers, bumn, bumd, swasta se kota dumai dan undangan yang kami muliakan.

 Puji dan syukur kita persembahkan kepada allah swt, karena atas rahmat, karunia dan hidayahnya kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat hadir di ruangan ini. tak lupa pula shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan alam nabi besar muhammad saw, dengan wasilah allahumma shalli‘ala saydina muhammad wa’ala ‘ali saydina muhammad.

Pada kesempatan yang berbahagia ini perlu kami sampaikan bahwa rapat paripurna hari ini merupakan rapat paripurna yang merupakan hasil dari pemilu yang dilaksanakan pada tanggal,14 pebruari 2024 yang lalu berkenaan dengan hal diatas, rapat paripurna dewan yang kita laksanakan pada hari ini beracara:

PENGUCAPAN SUMPAH/JANJI ANGGOTA DPRD KOTA DUMAI MASA JABATAN 2024 – 2029

Dengan mengucapkan “bismillahirrohmanirrohim” seraya memohon bimbingan dan petunjuk-nya pada hari ini, selasa   tanggal 3 september 2024 tepat pukul …….. wib. Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Dumai secara resmi kami buka dan dinyatakan terbuka untuk umum.

Adapun yang mendasari pelaksanaan rapat paripurna dewan hari ini adalah sebagai berikut:

Peraturan DPRD Nomor  1 Tahun 2019 tentang tata tertib dprd kota dumai, pasal 53 ayat (3) menjelaskan bahwa “anggota dprd sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dalam rapat paripurna yang dipandu oleh ketua pengadilan negeri dalam rapat paripurna dprd kota dumai;

Keputusan komisi pemilihan umum kota dumai nomor 294 tahun 2024 tanggal 23 agustus 2024 tentang penetapan calon terpilih anggota dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai dalam pemilihan umum tahun 2024.

Keputusan gubernur riau nomor kpts.3415/VIII.2024 tanggal, 29 Agustus  2024 tentang peresmian pemberhentian anggota dprd kota dumai masa jabatan 2019-2024 dan peresmian pengangkatan anggota dprd kota dumai masa jabatan 2024-2029

 Rapat paripurna hari ini tentunya sangat bermakna terutama bagi para anggota dewan masa jabatan 2019 – 2024, yang mana tanpa terasa sudah lima tahun menjalani tugas dan mengemban amanah sebagagai wakil rakyat sejak dilantiknya pada tanggal 3 september 2019 lima tahun yang lalu, dan pada hari ini akan segera berakhir,

 Selama lebih kurang  lima tahun, kita telah bersama membangun kerja sama yang cukup baik, tidak saja hanya dilingkungan sekretariat dprd dan para anggota dewan dari berbagai fraksi , tetapi juga kerja sama dengan pemerintah daerah dan seluruh perangkat daerah dan juga para mitra kerja dalam mewujudkan kehidupan yang demokratis dalam mengemban amanah konstitusi.

Dengan pengucapan sumpah/janji anggota dprd masa jabatan 2024 – 2029 hari ini, maka berakhir pula-lah masa keanggotaan dprd masa jabatan 2019-2024. kami menyadari selama kurun waktu lima tahun menjadi wakil rakyat masih banyak kekurangan dalam menjalankan fungsi dan tugas sebagai wakil rakyat, tetapi masih banyak pula kritik dan saran dari masyarakat yang ditujukan kepada lembaga dewan yang terhormat, khususnya berkaitan dengan kinerja dprd, sebagai wakil rakyat, kami telah berusaha untuk menyalurkan aspirasi rakyat dengan menjalankan tugas pokok dan fungsi serta wewenang semaksimal mungkin.

Tapi sebagai manusia biasa dengan segala kelemahan dan keterbatasan, kami menyadari apa yang telah kami lakukan masih jauh dari harapan dan keinginan, masih banyak aspirasi masyarakat yang belum tersalurkan sebagaimana mestinya. selanjutnya pada kesempatan ini, kami juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada saudara wali kota dumai, beserta seluruh jajarannya, seluruh lapisan masyarakat yang telah ikut membantu kami dalam  melaksanakan tugas, semoga allah swt membalasnya dengan kebaikan yang berlipat ganda.

Kami berharap kerjasama yang telah terjalin selama ini akan menjadi hubungan silaturahim diantara kita, dan jika dalam pergaulan kemitraan selama ini, terdapat hal-hal yang tidak berkenan, dari lubuk hati yang paling dalam kami mohon maaf. sebelum pengucapan sumpah/janji dilaksanakan, izinkan kami menyampaikan beberapa hal, yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dprd kota dumai selama masa jabatan 2019-2024 diantaranya sebagai berikut :

KEGIATAN DI BIDANG PEMBENTUKAN PERDA (PERATURAN DAERAH)

 Sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, menjelaskan bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah dilaksanakan oleh dprd dan kepala daerah. dprd dan kepala daerah berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah yang diberi mandat oleh rakyat untuk melaksanakan urusan pemerintahan yang diserahkan kepada daerah. sedangkan kepala daerah melaksanakan fungsi pelaksanaan atas perda dan kebijakan daerah.

Dalam mengatur dan mengurus urusan pemerintahan yang dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi dprd dan pemerintah daerah telah menyusun beberapa peraturan daerah sebagai payung hukum pemerintah daerah dalam melakukan berbagai kebijakan baik dibidang pemerintahan, pembangunan, maupun kemasyarakatan. selama lima tahun masa jabatan kami telah menyelesaikan sebanyak 63 peraturan daerah yang merupakan bagian daripada aspirasi masyarakat kota dumai yang meliputi berbagai kepentingan bagi mendorong pelaksanaan pembangunan kota dumai.

KEGIATAN DI BIDANG ANGGARAN, dprd bersama pemerintah daerah kota dumai telah menyusun dan menetapkan apbd dan perubahan apbd sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku

KEGIATAN DI BIDANG PENGAWASAN, fungsi pengawasan yang dilakukan oleh dprd kota dumai yakni pelaksanaan peraturan daerah dan peraturan wali kota serta pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan oleh badan pemeriksa keuangan (bpk).

DPRD juga  meminta laporan keterangan pertanggung jawaban kepala daerah dalam penyelenggaran pemerintah daerah, setiap tahun dalam rapat paripuran hari ini kami informasikan  bahwa selama masa jabatan 2019-2024 ini ada 3 (tiga) kali penggantian antar waktu (paw) yakni:

Berdasarkan keputusan gubernur riau nomor : kpts.1453/X/2020 tanggal 12 oktober 2020 tentang peresmian pemberhentian anggota dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai a.n. Syarifah.SH dan peresmian pengangkatan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai  a.n. S.Wesly Simanungkalit masa jabatan 2019-2024.

Surat keputusan gubernur riau  nomor :KPTS.975/VI/2022 tanggal,10 juni 2022 tentang peresmian pemberhentian pimpinan dprd kota dumai an. Agus Purwanto.ST dan peresmian pengangkatan pimpinan dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai a.n. Suprianto.SH sisa masa jabatan 2019-2024.

Keputusan gubernur riau nomor : KPTS.1399/XII/2021 tanggal 22 desember 2022 tentang peresmian pemberhentian anggota dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai a.n.SW.Simanungkalit dan peresmian pengangkatan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kota dumai a.n. Anhar Rizky Siregar masa jabatan 2019-2024

Perencanaan pembangunan, kami menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada pimpinan dan anggota dprd kota dumai yang telah bekerja dengan sangat luar biasa, sampai diakhir masa jabatan ini telah meyelesaikan rancangan pembangunan jangka panjang daerah (rpjpd) 2025-2045, telah diselesaikan pula apbd tahun anggaran 2025 dan perubahan apbd tahun anggaran 2024.

Tentu saja masih banyak urusan urusan dprd kota dumai yang belum bisa diwujudkan dalam lima tahun terakhir, diharapkan dprd kota dumai kedepan dapat meneruskan tugas tugas ini dengan lebih baik lagi demi mengawal program program peningkatan kesejahteraan  masyarakat warga kota dumai.

Manusia hanya bisa berikhtiar namun allah swt tuhan yang maha kuasa yang menentukan segalanya. semoga kota ini dijauhkan berbagai bencana dan menjadi, kota yang baldatun tayyibatun warabbun ghafur.

Akhirnya dari lubuk hati yang paling dalam atas nama pribadi dan unsur pimpinan beserta anggota dprd kota dumai masa jabatan 2019-2024 menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kota dumai atas segala kesalahan, kekurangan, kekhilafan dan hal hal yang kurang berkenan.

Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi tingginya kepada komisi pemilihan umum, bawaslu, tni-polri, pps, kpps, rt dan linmas serta semua pihak yang telah membantu kelancaran proses pemilu pada 14 pebruari 2024 yang lalu.

Selanjutnya, mengingat dprd merupakan kerja bersama dengan berbagai pemangku kepentingan, maka pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada gubernur riau yang terus memberikan dukungan untuk pembangunan  kota dumai. juga kepada wali kota dumai beserta jajarannya yang luar biasa upaya dan ikhtiarnya dalam memimpin dan membangun kota dumai.kemudian rekan-rekan forkopinda yang selama ini telah mensuport pemerintah dan dprd kota dumai sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kemudian kepada sekretariat dprd yang dipimpin oleh bapak sekretaris dprd yang sudah mendukung kami dalam pelaksanaan tugas sehari-hari kemudian kepada tokoh masyarakat, alim ulama, para mahasiswa yang terus mensuport kami dan seluruh warga kota dumai, yang terus memberikan saran masukan dan kritik yang konstruktif terhadap pelaksanaan tugas dprd kota dumai.seterusnya kami  menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas terpilihnya rekan-rekan calon anggota dprd masa jabatan 2024-2029 yang sebentar lagi akan dilantik.

Selamat mengemban amanah dan   mudah- mudahan allah swt tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya, insya allah  dengan anggota dprd yang mempunyai semangat baru, yang penuh inovasi serta doa dari seluruh masyarakat kota dumai akan semakin lebih baik lagi tutup H.Supruanto.SH Ketua DPRD Kota Dumai

( Redaksi TR / Sri.N )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini